Kamis, 24 Oktober 2013

Mengubah Kebiasaan Belanja

Sale…!! Discount..!! Siapa sih yang tidak tergoda dengan kata tersebut?? Apalagi jika kita mengunjungi mall ataupun butik ataupun tempat perbelanjaan lainnya dan terdapat tulisan Discount ataupun Sale apa tidak tergoda?? Niatnya aja cuman pengen jalan-jalan, liat-liat barang apa sih yang baru, tapi kok kepincut baju yang iming-iming sale 50% yang sebetulnya barang itu tidak sama sekali kita butuhkan??

Biasa naluri wanita, ada aja yang pengen dibeli ketika pergi ke tempat perbelanjaan, apalagi jika tercantum tulisan discount atau sale di etalase toko. Apa mungkin akan melewatkan kesempatan discount atau sale itu??
Untuk urusan belanja harusnya anda lebih pintar dan tak boleh terjebak di tengah-tengah discount tanpa tujuan yang jelas dan dengan barang-barang yang tidak sama sekali kita butuhkan. Dan coba kita membuat strategi belanja agar keuangan kita tetap aman dan tidak berantakan, apalagi sampai kaget jika melihat dompet dengan isi uang yang hanya tinggal Rp. 5000,- saja.

Berikut tips cerdik untuk Anda dalam membelanjakan uang:

  1. Buat daftar belanjaan
    Biasanya orang pergi ke tempat belanjaan hanya untuk windows shopping aja. Banyak orang tidak sadar kalau hal seperti ini bisa membobol isi dompet, kalau kita belanja tanpa dibekali dengan daftar belanjaan, apa saja yang kita mau bisa kita beli. Dan seringkali kita menyesal ketika sampai di rumah karena mungkin terlalu banyak uang yang kita belanjakan.
    Nah… dengan adanya daftar belanjaan kita bisa menghandle semua pengeluaran kita.
  2. Dahulukan kepentingan daripada keinginan Kita bisa membedakan mana kepentingan dan mana keinginan. Utamakan kepentingan terlebih dahulu dengan berbelanja apa yang sedang kita butuhkan saat ini, bukan apa yang kita inginkan saat ini. Kita tidak salah jika mempunyai keinginan, tapi jika barang yang kita butuhkan sudah kita miliki, kita bisa membeli barng yang kita inginkan tapi tidak berlebih dan tetap terkontrol.
  3. Bawa uang tunai secukupnya Jika Anda akan berbelanja bawalah uang tunai sesuai dengan anggraran belanja Anda. Supaya dapat menghindari dari pembelanjaan yang tidak masuk dalam daftar belanjaan yang telah kita buat.
    Jika menggunakan kartu kredit, siapkanlah dana sebelumnya guna melunasi semua tagihan belanja kita yang tidak sesuai daftar belanjaan.
  4. Batasi waktu belanja
    Ada yang bilang.. wanita tak lepas dari kegiatan belanja, kadang wanita jika sudah di tempat perbelanjaan sudah tak ingat waktu, sehingga memungkinkan membelanjakan uang dengan tidak terkontrol. Namun dengan membatasi waktu belanja, kita bisa menghandle pengeluaran kita. Misalnya saja, bisanya kita pergi ke pusat perbelanjaan sekitar 2-3 jam bahkan lebih, kita bisa menargetkan kita berbelanja 1jam saja, hal ini bisa menghindarkan kita untuk tergoda lebih banyak barang yang tidak kita butuhkan.
  5. Manfaatkan program discount atau sale
    Kita bisa memanfaatkan discount atau sale untuk membeli barang yang benar-benar kita butuhkan. Cek dahulu barang yang sudah kita miliki, hal ini untuk menghindari kita membeli barang yang sudah kita miliki. Lalu buatlah daftar belanja, dan setelah tiba di pusat perbelanjaan kita bisa mencari barang tersebut. Usahakan untuk lebih fleksibel dalam memilih jangan hanya terpatok dengan satu merk saja.
  6. Pikir berkali-kali
    Windows shopping adalah hal yang sering kita lakukan di pusat perbelanjaan, sehingga kita tergoda untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan. Misalnya…. Rencananya kita ingin membeli celana panjang, akan tetapi kita tergoda dahulu untuk membeli tas yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kita pikirkan barang mana yang lebih dibutuhkan untuk saat ini.
  7. Makan sebelum belanja
    Jangan sampai jika Anda berbelanja dengan keadaan perut lapar, sedih ataupun marah. Berbelanja dengan keadaan seperti itu bisa-bisa memicu kita berbelanja secara berlebihan dan melampiaskan emosi dengan membeli barang-barang yang sama sekali tidak dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar