Jumat, 24 Mei 2013

Taman Banjarsari & Munumen 45

Kota Solo di Jawa Tengah punya beberapa taman yang wajib Anda datangi saat liburanatau waktu luang. Di taman ini kita bisa menikmati sisi hijau kota solo yang indah, dan juga berwisata sejarah. Dan taman yang saya kunjungi bersama teman-teman kali ini adalah Taman Banjarsari dan monumen 45.



Lahan hijau seluas 17 ribu m2 dinaungi pohon-pohon rindang, dan bunga yang bermekaran di Kelurahan Setabelan. letaknya dekat dengan Pasar Legi yang menjual aneka keperluan sehari-hari.

Selain rekreasi, Taman Banjarsari juga menyuguhkan wisata sejarah bagi Anda dan keluarga. Abad ke-17 silam, taman ini masih berupa area pacuan kuda lengkap dengan tribun tempat para pembesar Mangkunegaran menonton pertandingan. Makanya, taman ini sempat dikenal sebagai Kampung Balapan. Nama itu kemudian identik dengan stasiun KA utama di Kota Solo, Stasiun Balapan, yang terletak hanya 1 km dari Taman Banjarsari.


Lalu, sekitar tahun 1989, area Taman Banjarsari disewakan untuk para pegawai Belanda yang bekerja di perkebunan. Muncullah rumah-rumah bergaya Belanda, menjadikan Taman Banjarsari sebagai kawasan elit di Surakarta.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan Monumen 45 di tengah taman. Monumen setinggi 10 meter ini dibuat untuk mengenang peristiwa sejarah yaitu Serangan Umum 4 Hari di Solo. Tak perlu membeli tiket masuk untuk menikmati Taman Banjarsari, yang namanya diambil dari nama Kecamatan Banjarsari ini.














10 komentar:

  1. kapan kapan dianterin donk kakak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya adek... kapan-kapan kakak anterin...
      haaaaa

      Hapus
    2. aq udah dong... kan ada foto saya itu hehe

      Hapus
    3. lho... anda yang mana mbak???
      "̮hϱϱ.hϱ"̮ "̮hϱϱ.hϱ"̮ "̮hϱϱ.hϱ"̮

      Hapus
  2. saya malah belum pernah main ke taman ini ..heheh

    BalasHapus
  3. Minta peta jalannya kesana dunk klo dari stasiun balapan... :)

    BalasHapus